Senin, 04 April 2011

Gedang Kluthuk Wulung



Akhir-akhir ini, mendengar beberapa teman yang mengeluhkan ada saudaranya yang mengalami gangguan ginjal.Ada ginjal bengkak, lantas divonis dokter "harus operasi", ada pula yang sudah cuci darah tiap dua minggu sekali. Jadi ingat, dulu ada yang ngasih tau ada tanamanan yang bisa digunakan untuk terapi penyakit ini.pisang kluthuk wulung.

Mungkin kita sudah agak jarang mendengar jenis tanaman ini. Walau jarang, alhamdulillah saya bisa juga mendapatkannya, setelah nrethek-nrethek dapat juga dari tetangga. Kalau yang penasaran, boleh datang ke madrasah tempat saya mengajar.He7.Kalau yang tidak mau, tapi pingin tau, saya copy paste-kan ciri-ciri tanaman ini.

Ciri-cirinya : Tinggi pohon pisang klutuk ireng sekitar 3 m dengan lingkar batang 60-70 cm. Bagian yang berbeda dari pisang klutuk adalah warna pelepah daunnya yaitu berwarna ungu kehitaman. Tandan buah mencapai panjang 80 cm-100 cm. Sisir buah berjumlah 5-7 sisir dan tiap sisir berjumlah 12-18 buah yang tersusun rapat, berpenampang segi tiga atau segi empat, berkulit tebal, daging buah putih atau kekuning-kuningan, rasa kurang manis, tekstur agak kasar dan di dalamnya terdapat banyak biji.blog sains

Terapi Sakit Ginjal
22 Lembar sisiran daun (suwirsesuai garis tulang daun) dicampur air 3 liter kemudian direbus sampai mendididih
Setelah mendidih, tambahkan air 7 liter. Gunakan untuk mandi hangat. Lakukan pagi, siang, dan sore hari. Minimal pagi dan sore hari.

Penyerap Racun
Pada zaman dahulu, di sekitar tempat pembuangan limbah (comberan/peceren) biasa ditanami tanaman ini. Rupanya, tanaman pisang kluthuk wulung ini, memiliki faedah dapat menyerap limbah cair.

Mungkin masih teramat minimalis tulisan ini. Karena saya kesulitan mencari referensi lebih banyak. Lebih valid bisa tanya ke pakar lingkungan :D

5 komentar:

  1. Ada beberapa herbalis untuk penyembuhan, salah satunya adalah satu guru di SDN Sendangsari-Pajangan. Beliau juga memanfaatkan bagian tanaman pisang tersebut, yaitu bagian akarnya yang memanjang (bukan umbinya). Insya Allah Pak Wartono dengan kearifannya layak menjadi referensi yang hidup.

    BalasHapus
  2. baiklah. oke
    semoga bisa ngglidik ke sendangsari
    datang datang memperkenalkan diri.
    pak, saya purna,............wjakldjfoiaufklajfioaujfiodajjaskujdfia :))

    matur nuwun infonya pak :P

    BalasHapus
  3. kalau nggak gitu, bilang aja :
    pak, saya orang susah, ...... bakdhduwwmsghdjsbsui :))

    gitu juga pasti ketemu he7

    BalasHapus
  4. nelangsa temen pak, "Saya orang susah " :(

    ehmmmm gpp asal jangan jadi orang susah yang menyusahkan :))

    BalasHapus
  5. wah ternyata banyak tanaman yang dapat digunakan sbg obat alamiah. kesehatan kita perlu dijaga. kalau sakit susah... dan menyusahkan. :)

    BalasHapus